Minggu, 07 Februari 2016

Gethuk Runting




Selain terkenal dengan Nasi Gandul, Pati juga mempunyai jajanan khas salah satunya adalah Gethuk Runting. Gethuk runting merupakan jajanan pasar khas dari Desa Runting, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Gethuk runting menjadi oleh-oleh khas Pati yang bukan hanya enak, tetapi juga legit dan menggigit.

Gethuk runting bisa dijumpai di berbagai daerah di Kota Pati, terutama di sepanjang jalan Pati-Tayu yang menjadi wilayah Desa Runting. Getuk runting memiliki cita rasa yang manis, pulen, empuk, sedikit lengket, dan menggigit. Belum lagi taburan parutan kelapa dan serundeng di atasnya yang membuat cita rasa gethuk runting semakin terasa.


Jajanan khas gethuk runting ini menggunakan bahan dasar singkong, Singkong yang mulanya dikukus hingga matang ini, kemudian ditumbuk hingga halus dan ditambahi dengan sedikit garam untuk menambahkan rasa gurih pada gethuk ini. Getuk ini umumnya disajikan dengan tambahan taburan kelapa parut dan serundeng atau di celup gula merah. Kemudian dibungkus dengan daun pisang. 

Anda ingin membuat gethuk runting dirumah?? Silahkan coba resep dibawah ini :

Bahan :

  • Singkong berwarna kuning secukupnya
  • Garam
  • Kelapa, diparut 
Cara membuat :
  1. Kupas dan bersihkan singkong, kemudian potong-potong.
  2. Kukus singkong hingga matang, jika sudah angkat dan angin-anginkan sampai uapnya hilang.
  3. Taburi garam secukupnya kemudian tumbuk singkong hingga membentuk tekstur empuk dan pulen.
  4. Taburi kelapa parut dan serundeng. Gethuk Runting siap disantap.
Bagaimana?? Simple dan mudah kan?? Nahh sedikit tips kenapa harus memilih singkong yang berwarna kuning, karena ini akan membuat ciri khas Gethuk Runting semakin terlihat.

6 komentar:

  1. Kalo pake singkong yg wrna putih emng knp ?

    BalasHapus
  2. Singkongnya hrus yg kuning gitu?

    BalasHapus
  3. Sekedar meluruskan sedikit...bukan Desa Runting,tetapi tepatnya didukuh Runting...desa Tambaharjo kec Pati.... Semoga getuk Runting bisa lebih dikenal ke seluruh pelosok Indonesia... Ada kuliner lain di dk Runting,selain getuk....yaitu petis Runting...monggo disearch digoogle...utk resepnya..

    BalasHapus